Resep Masakan Makanan Kue Indonesia

Resep Ayam Goreng Bumbu Lengkuas Mudah dan Enak

Resep Ayam Goreng Lengkuas – Olahan menu ayam goreng masih menjadi primadona di kalangan pecinta kuliner Indonesia. Tekstur daging yang empuk, serta rasa yang gurih, menjadikan daging ayam selalu menjadi lauk andalan di berbagai daerah. Olahan masakan ini pun semakin bermacam. Salah satu yang akan kami ulas adalah resep Ayam Goreng Lengkuas.

Dari namanya, masakan ayam goreng ini memakai tambahan bumbu rempah khas Indonesia, lengkuas. Lengkuas akan dimasak dan dicampurkan pada bumbu halusnya, sehingga saat dimasak akan terlihat seperti kremes dengan rasa gurih nan mantap. Bagaimana resep dan cara membuat Ayam Goreng Lengkuas? Apakah cara memasak resep Ayam Goreng Lengkuas sulit? Berikut ini ulasannya.

Resep Ayam Goreng Bumbu Lengkuas Mudah dan Enak

Resep Ayam Goreng lengkuas


Bahan utamanya adalah ayam kampung 1 ekor potong 8, lengkuas parut sebanyak 150 gram (bagi yang menginginkan banyaknya kremes, tambahkan menjadi 200 gram). Santan kelapa encer 300 ml dari ¼ butir kelapa. 2 lembar daun salam dan 1 lembar daun jeruk, 2 batang serai yang dimemarkan dan diambil bagian putihnya saja. kemudian siapkan juga 2 sendok air asam jawa. Sebagai acuan, membuat air asam jawa adalah dengan merendam 1 ruas jari asam jawa dengan 3 sendok makan air matang.

Bahan utama sudah disiapkan, kini siapkan bahan bumbu halusnya. Bagi Anda yang menginginkan cita rasa khas rempah yang terasa di lidah, Chef Dadang menyarankan gunakan ulekan untuk menghaluskan bumbu. Namun jika Anda ingin lebih praktis, bisa memakai blender.

Bumbu halus resep Ayam Goreng Lengkuas :
  • Bawang merah 8 butir
  • Bawang putih 4 siung
  • 5 butir kemiri atau 1 sendok teh kemiri
  • 2 cm jahe dan 2 cm kunyit
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1,5 gula merah/ gula jawa sisir
  • ½ sendok teh garam
  • Penyedap rasa dan merica sejumput.

Cara membuat Ayam Goreng Lengkuas

  • Cuci bersih ayam potong kemudian balur dengan air asam jawa dan sedikit garam. Balurkan sampai merata. Diamkan sejenak sambil Anda menyiapkan bumbu halus.
  • Bumbu halus yang sudah diuleg dibalurkan ke potongan daging ayam, sampai merata. Lalu remat-remat agar bumbu halus semakin meresap sampai dalam daging ayam. Sisihkan.
  • Siapkan panci dan panaskan sedikit air di dalamnya. Masukkan santan kelapa, panaskan sejenak. Kemudian masukkan daging ayam berbalur bumbu, lengkuas parut, daun jeruk dan daun salam. Bairkan daging ayam matang merata sambil diaduk agar santan tidak pecah. Setelah cukup matang, tutup panci (tutup dilembari serbet bersih) dan ungkep ayam sampai santan berwarna kuning menyusut. Kurang lebih 15 menit.
  • Angkat panci dan gantikan dengan wajan. Masukkan minyak goreng secukupnya. Ambil potongan daging ayam ungkep tadi dan goreng hingga kecoklatan. Aroma wangi akan tercium. Setelah semua potongan ayam digoreng, angkat lalu tiriskan. Sisa bumbu lengkuas yang ada di dalam santan bisa disaring dan digoreng pula sampai berbentuk seperti kremesan.
  • Sajikan Ayam Goreng Lengkuas dengan taburan lengkuas parut goreng

Terim kasih sudah bersedia mampir dan membaca tulisan kami tentang resep ayam goreng lengkuas. Selamat mencoba

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Ayam Goreng Bumbu Lengkuas Mudah dan Enak

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *